Search

Dec 25, 2012

Pernahkah anda mengalami De Javu didalam kehidupan anda ?


pada kesempatan postingan kali ini saya akan membahas tentang De Javu, tapi sebelum kita membahas jauh tentang De Javu saya ingin bertanya kepada sobat-sobat Pernahkah sobat-sobat sekalian melakukan sesuatu  hal yang sama seperti gerakan yang sama atau percakapan yang sama tapi hal itu tanpa kita sadari pernah kita lakukan sebelumnya atau tidak ?? nah jujur kalau saya sih pernah mengalami kejadian De Javu dalam yaitu pada saat saya pergi ke suatu tempat dan tempat itu pertama kali saya kunjungi tapi saya merasa heran kayanya saya merasa tidak asing dengan tempat ini. nah lu bingung kan padahal saya baru pertama kali berkunjung ke tempat itu tetapi saya sudah merasa tak asing dengan tempat itu.

Langsung saja sobat-sobat Definisi De Javu yang saya kutip dari berbagai sumber
"De Javu" yaitu Berasal dari bahasa perancis yang artinya "Telah Terlihat". dalam pengertiannya kata ini mempunyai beberapa turunan dan variasi yaitu seperti "deja vecu" (telah mengalami) "deja senti" (telah memikirkan) dan deja visite (telah mengunjungi). Kata De Javu ini pertama kali ini di kemukakan oleh seorang ilmuan perancis bernama Emile Boirac yang mulai mempelajari fenomena ini mulai dari tahun 1876.

Teori-Teori Tentang De Javu
walaupun Emile Boirac sudah meneliti fenomenan ini sejak 1876, namun dia tidak pernah tuntas untuk menemukan fenomena dari terjadi De Javu. Karena itu banyak peneliti yang akhirnya untuk meneliti tentang fenomena De Javu ini. dan dapatkan 40 teori namun saya tidak akan menyebutkan semua teorinya kepada sobat-sobat..

1. teori "Kenangan Dari Sumber Lain"
Tentunya saja kita sebagai seorang manusia memiliki kenangan yang tersimpan, yang hadir sebagai aspek dalam kehidupan kita. tidak hanya pengalaman yang bisa menjadi kenangan seperti hanya membaca buku, menonton film atau melihat gambar-gambar dan lainnya itu juga bisa membuat kenangan dalam memori. dan kenangan itu dapat terdorong kembali ke dalam pikiran kita, dan ketika melihat atau mengalami sesuatu yang mirip dengan salah satu kenangan disebut De Javu.

Refrensi Contoh : Herman Sno adalah psikolog termuka asal Belanda, telah mengusulkan bahwa teori memori tersimpan dalam format yang mirip dengan yang di gunakan untuk menyimpan holografik. aspek holografi yang menjadi pusat tesis Sno adalah bagaimana hologram meyimpan informasi. secara khusus Herman Sno menunjukan bahwa,tidak halnya seperti holografi tradisional, setiap bagian hologram mengandung semua informasi yang dibutuhkan untuk memproduksi keseluruhan gambar. semakin kecil bagian yang digunakan, maka semakin berkurang kecepatan (atau semakin kabur) gambar yang dihasilkan. Menurut Herman Sno manusia berkerja dengan cara analog. pengalaman de javu ketika terjadi situasi saat ini, secara menipu, cocok dengan salah satu gambar-gambar kabur dari peristiwa masa lalu. seperti anda meyakinkan diri sendiri bahwa anda mengenali seseorang dalam gambar kamera keamanan yang buram.

2. teori "Proses pengolahan informasi"
teori lain berdasarkan cara otak kita memproses informasi dan bagaimana menyimpan memori jangka pendek dan jangka panjang. Robert Efron menguji gagasan ini di rumah sakit di Boston,Usa pada tahun 1936, dan bertahan sebagai teori yang paling valid sampai saat ini. ia mengusulkan bahwa respon neurologis yang menyebabkan De Javu. Karena Informasi yang masuk ke dalam pusat-pusat pengolahan otak memlalui lebih dari satu jalur, maka bisa saja terjadinya pencampuran yang tidak sinkron secara tepat.

Itu saja mungkin informasi yang bisa saya tuliskan pada postingan kali ini semoga bisa menambahkan pengetahuna kepada sobat-sobat sekalian. Terimkasih Karena telah membaca postingan saya yang berjudul Pernakah anda mengalami De Javu didalam kehidupan anda ? :)


Related Post:

Comments

2 komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Post a Comment