Search

Jul 30, 2013

cara mengganti jenis font pada postingan Blog

Cara Mengganti jenis font atau huruf pada postingan Blog/Blogger ..
apa kabar sobat-sobat sekalian ? sudah lama tidak menuliskan postingan tentang Tips Blog kepada sobat-sobat sekalian. hehe gimana ?? pada postingan kali ini saya ingin share tentang ilmu yang saya ketahui kepada penyimak setia Novanpeace.. hehe diwaktu yang singkat ini pernahkah sobat-sobat pernah merasakan bosan dengan jenis font yang ada di postingan blog masing-masing sobat-sobat sekalian. sebenarnya jenis font yang terdapat pada postingan blog kita merupakan suatu default atau bawa'an dari template blog kita. 

Namun jenis font bisa di ganti tanpa melakukan pengeditan terhadap template..

dalam Prakteknya sobat-sobat tinggal menuliskan script seperti yang di bawah ini :

<font face='Comic Sans MS'>Selamat Datang Di Novan Peace Blog</font>

Maka Jadinya seperti ini :

Selamat Datang Di Novan Peace Blog


dalam praktek di atas saya menggunakan jenis font Comic Sans MS..  untuk lebih mengerti gimana menerapkannya dalam postingan simak petunjuk dan gambar dibawah ini :

1. Login Ke Blogger

2. Buat Entri Baru

3. Pilih Html


4. Tulislah script seperti gambar di bawah ini untuk mencobanya.


5. Klik Compose


6. Kemudian liat hasilnya, setelah itu sobat-sobat bisa melanjutkan menulis postingan sesuai dengan jenis font yang di harapkan sobat-sobat sekalian.

Nah gimana sobat-sobat bisa donk.. untuk mendapatkan variasi jenis font wajib di baca ni kode html untuk jenis-jenis font
Terimakasih sobat karena telah menyimak postingan ini semoga saja postingan ini dapat bermanfaat,, 








Jul 26, 2013

Orang yang di penjara karena komentar facebook

Apa kabar sobat-sobat sekalian ?? tentunya baik-baik donk pada kesempatan kali ini saya diberikan waktu untuk menuliskan kembali postingan yang unik-unik, untuk kali postingan saya dapat setelah saya berseluncur di dunia maya,, hehe langsung aja deh di simak

facebook situs jejaring sosial yang mendunia, apalagi dalam jejaring sosial seperti facebook menulis status merupakan kegiatan yang lumrah dilakukan bagi para pengguna facebook,, ettt tapi hati-hati dengan status yang dibuat, beberapa Orang di bawah ini masuk ke dalam jeruji besi setelah menulis status facebook.

1. Lelucon sarkastik

Remaja ABG 19 tahun asal Texas, Justin Carter terpaksa harus menghuni penjara sejak Febuari tahun ini. Sebabnya, Carter terpancing sindiran sesama maniak game League of Legends, yang mengatakan kondisi mental dirinya.


Carter pun terusik dan balik berkomentar sarkastis.


"Saya pikir Ima (teman game) telah menembak taman kanak-kanak, dan memakan jantung salah satu dari mereka," balas Carter menyinggung. Komentar itu disertai dengan ungkapan tertawa terbahak-bahak (LOL—Laugh Out Loud).


Carter dilaporkan ke polisi. Rumahnya lantas digeledah. Carter diringkus, dan komputer yang biasa ia pakai disita.


2. Humor parah

Oktober tahun 2012, remaja asal Inggris, Matthew Woods, harus dibui tiga bulan penjara setelah berkomentar tidak pantas tentang hilangnya dua balita April Jones dan Madeleine McCann. 


Padahal, Woods hanya iseng berkomentar.


"Saya bangun pagi di belakang mobil van bersama dua gadis kecil yang cantik-cantik. Saya menemukan April di lokasi yang benar-benar kumuh, dan orang waras mana yang mau memungut gadis malang itu?" komentarnya.


Mengetahui komentar Woods, ibu kandung Woods berang. Sang ibu langsung memperingatkannya agar menjaga mulutnya.


Meski Woods telah mengaku menulis komentar itu dalam kondisi mabuk dan meminta maaf, kemarahan publik kadung meledak tak terkendali.


Publik akhirnya membawa komentar Woods itu ke meja hijau dan Woods diganjar hukuman penjara tiga bulan.


3. Pancing kekerasan

Dua remaja Jordan Blackshaw (20 tahun, kiri) dan Perry Sutcliffe-Keenan (22 tahun, kanan) dijatuhi hukuman empat tahun penjara oleh pengadilan Inggris.


Gara-garanya, kedua remaja itu menciptakan suatu acara kekerasan di Facebook. Blackshaw menciptakan acara Smash Down in Northwich Town. Sementara Sutcliffe-Keenan, melalui akun Facebooknya menciptakan sebuah halaman The Warrington Riots.


Judul acara itu dianggap hakim sangat menakutkan dan keduanya didakwa melakukan aksi jahat kolektif.



4. Tertawakan kecelakaan
September tahun lalu, Paula Asher melakukan aksi konyol. Ia dengan bangga menuliskan status telah menabrak empat remaja dengan mobilnya dalam keadaan terpengaruh minuman keras.

Bukannya mengurusi insiden itu, ia malah melarikan diri dan bercanda melalui Facebook.

"Saya begitu bodoh, mengendarai mobil sambil mabuk dan menabrakkannya, LOL," tulis Asher.

Orang tua remaja yang ditabrak kemudian meminta hakim lokal menghapus pesan Ahser, dan meminta perempuan itu untuk berhenti menggunakan Facebook.

Asher akhirnya dijatuhi hukuman dua hari penjara karena menolak permintaan pengadilan. Selain itu, ia juga menghadapi tuduhan pesan status Facebook-nya.

Paula Asher hanya bisa membela diri dengan mengatakan, "Saya meminta maaf pada semuanya. Saya juga meminta maaf pada hakim. Saya tidak bermaksud menyakiti siapapun. Saya pikir menulis 'LOL' tidak akan membuat saya dipenjara," ujarnya ketika diwawancarai oleh NBC.

5. Lirik teroris
Siswa SMA usai 18 tahun, yang juga calon rapper, Cameron D'Ambrosio ditangkap polisi setempat lantaran lirik video rap-nya diketahui memuat ancaman teroris.

Lirik rap itu terkait dengan insiden Bom Boston yang terjadi beberapa bulan lalu. Tapi, belakangan ia tidak jadi di penjara.

Salah satu lirik dalam lagu rapnya menyebutkan, "Persetan bom Boston, lihatlah tunggu apa yang akan saya lakukan setelah saya menjadi rapper terkenal, saya akan mengalahkan setiap tuduhan pembunuhan yang datang kepada saya," ujarnya.


6. Berharap perdana menteri tewas
Kejadian ini terjadi di Bangladesh. Pegawai Departemen Informasi dan Teknologi Universitas Jahangirnagar, Muhammad Ruhul Amin Khandaker, dijatuhi hukuman penjara karena bercanda. Di Facebook, ia mengutarakan keinginannya agar Perdana Menteri Bangladesh segera mati.

Mulanya, Khandaker mengomentari sejumlah berita kecelakaan lalu lintas yang fatal. Dan ia mulai berkomentar, "Kenapa itu tidak terjadi pada Perdana Menteri Sheikh Hasina?" tulisnya.

Tanpa basa-basi, postingannya itu langsung menjebloskan Khandaker ke penjara hingga 6 bulan.

7. Kecam istri
Mark Bryon harus menanggung malu untuk kali ketiga, setelah ia mengecam perilaku mantan istrinya di Facebook. Bryon mengatakan, mantan istrinya adalah sosok yang jahat, yang ingin menjauhkan dia dari anaknya.

"Kamu adalah wanita jahat, pendendam, yang ingin merusak kehidupan suamimu. Perilakumu itu menunjukkan kamu takut dengan suami atau pasangan dalam rumah tangga," tulis Bryon.

Setelah membacanya, mantan istri Bryon melaporkannya ke pengadilan. Akhirnya, pengadilan memutuskan Bryon dinyatakan telah menghina dan menjatuhkan hukuman penjara padanya selama 60 hari.

Jika tak mau di penjara, Bryon diberikan pilihan untuk memposting permintaan maaf kepada mantan istrinya selama 30 hari nonstop di halaman Facebooknya.

Alternatif lain, Bryon harus membayar denda US$ 1156 setara Rp 11,56 juta untuk tunjangan anak dan biaya pengacara mantan istrinya.

Bryon memilih untuk minta maaf kepada mantan istrinya. Melalui pengacaranya, ia hanya merasa ungkapan di Facebook hanya untuk melampiaskan amarahnya.

Sumber: 
- http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/427951-7-komentar-konyol-di-facebook-berujung-penjara--i-

- http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/427962-7-komentar-konyol-di-facebook-berunjung-penjara--ii-


Ketika keinginan terbentur dengan Realita



Di Bulan puasa iini untuk mengisi waktu luang, iseng-iseng tapi sedikit serius nulis postingan ini. puasa bertepatan dengan pergantian tahun ajaran di dunia pendidikan,, tentu aja yang lulus jenjang putih abu-abu tahun ini punya keinginan masing tentunya ada yang kerja dan ada yang kuliah. Mayoritas dari SMK Kebanyakan kerja dan Mayoritas dari SMA kuliah. nah ngomong-ngomong soal kuliah, tentunya pasti kita ingin kuliah di PTN/S yang bagus tentunya. lalu apakah keinginan kita salah untuk kuliah di PTN/S yang bagus ? tentunya tidak salah, namun situasi yang berkata antonim atau berlawanan. 

Nah berhubung gua lulusan SMK tentunya saja gua kepikiran ingin kerja tapi setelah berpikir panjang kenapa engga kuliah, niatnya tadi pengen Di PTN ?? tapi yyaaaa gitulllahhh, sangat sulit untuk masuk Ke PTN apalagi dari SMK. apalagi mayoritas SMK tidak mengikuti SNMPTN jalur undangan, dan di SNMPTN jalur undangan di dominasi oleh SMA. tentunya usaha untuk masuk PTN dengan ikut SBMPTN tertulis, dan ujian mandiri lainnya tapi gagal karena soal tertulis menurut gua sangat susah, apalagi kalau yang dari SMK yang di proyeksi untuk kerja, padahal situasi yang terlihat banyak siswa-siswa dari SMK ingin masuk ke PTN namun karena jalur untuk masuk sulit dan biaya PTN juga mahal banyak yang mengurungkan keinginannya.

gagal masuk PTN berpaling Ke PTS (Perguruan Tinggi Swasta) searching di internet liat-liat biaya universitas swasta dan mayoritas biayanya yaaa gitulah, apalah buat yang ekonomi pas-pasan , hampir pupus harapan untuk kuliah. melihat realita rata-rata yang terbentur biaya, akhirnya memilih untuk kerja dengan berbekal ijazah SMK, melihat realita kondisi sekarang juga level di dunia kerja semakin tinggi dengan berbekal ijazah SMK tentunya posisi yang kita harapkan di dunia kerja tidak sesuai dengan yang kita harapkan, memang seperti itulah sekarang, lalu apa yang dibutuhkan untuk bekerja yang sesuai dengan yang kita inginkan ? yaitu TITLE (Benar)
Lalu apakah buat yang ekonomi pas-pasan bisa mendapatkan TITLE ?? sukar untuk di dapatkan 
(-_-) yaa itulah Realita sekarang. 

Sungguh pilu melihat realita sekarang, ketika materi menjadi tolak ukur pendidikan

ketika keinginan terbentur dengan realita, itulah judul postingan kali ini



Jul 17, 2013

Pembuktian Sang Burung Merpati



Apa Kabar ni sobat-sobat sekalian ? hahahehe pasti baik pada kesempatan kali ini saya ingin menuliskan kisah-kisah waw.. hehe sory kalo lebay.. emangnya pada postingan ini ada cerita tentang apa'an sih ? ya dari pada lama-lama mendingan simak dari pada ntar penasaran sampai kebawa mimpi.. siipp lebayy banget


Pembuktian Sang Burung Merpati 

Disuatu tempat yang kumuh terdapat sebuah pemukiman merpati, pemukiman tersebut jarang dijamah oleh merpati lainnya. hanya segelintir keluarga merpati yang menempati tempat tersebut. disudut tempat tersebut hidup sebuah merpati jantan muda yang sebatang kara, dia mempunyai alasan kenapa hidup sebatang kara. dalam kehidupan sehari-harinya dia selalu terbang sejauh mungkin selama dia bisa untuk mencari makan dan untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, merpati jantan tersebut sangat ulet dan bersemangat dalam menjalani kehidupan. suatu waktu di pagi hari seperti biasanya dia terbang sejauh mungkin, senja pun datang dia pun sampai disebuah tempat yang asing bagi dia, tak disangka senja yang indah dimana matahari menguning berubah menjadi gelap dan awan-awan hitam menutupi langit, tiba-tiba hujan turun dengan derasnya dan membahasi sekujur tubuhnya, tak lama kemudian dia berteduh di sebuah pohon yang rindang, matanya terus saja bersayup-sayup karena hujan yang turun begitu derasnya, waktu berlalu lima menit hujan pun tidak berhenti, merpati jantan tersebut terus menunggu sampai hujan tersebut berhenti. pada saat menuggu hujan berhenti dia melihat sebuah merpati lainnya yang sedang terlunta-lunta menahan derasnya hujan, akhirnya dengan naluri yang dia punya dia segera menghampiri merpati itu, hujan semakin deras disertai kilat-kilat yang menggelegar dengan sigap dia menarik merpati tersebut untuk berteduh. sesampainya di pohon merpati yang terlunta-terlunta tersebut pingsan, sesegera merpati jantan tersebut menutupi merpati yang pingsan itu dengan badannya dan melebarkan sayapnya guna menghalangi derasnya hujan dan derasnya tiupan angin..
waktu berlalu dan terik matahari pagi menyilaukan mata. merpati jantan tertidur, sedangkan merpati yang terlunta-lunta sudah pergi meninggalkan merpati jantan itu sendiri, saat bangun merpati jantan tersebut heran dan bertanya kemana merpati yang terlunta-lunta itu..
akhirnya dia segera pulang dan beristirahat dirumahnya, beberapa hari merpati jantan tersebut seperti biasanya terbang ke tempat yang jauh, dalam perjalanan dia berhenti dan memperhatikan seekor merpati yang pernah dia liat sebelumnya, tapi tak tahu dimana ?.. 
dia pun menghampiri merpati tersebut, "apa ku pernah melihat mu sebelumnya ?" merpati itu menjawab "iya kau pernah melihatku" dan ternyata merpati itu merpati betina yang amat cantik. "lalu dimanakah ?" "disebuah pohon yang rindang", merpati jantan tersebut mengingat-ingat kembali memorinya dan ternyata dia mengingat kembali bahwa merpati tersebut adalah merpati yang di tolong sewaktu hujan deras. mereka pun saling bercakap-cakap untuk mengenalkan dirinya satu sama lain. waktu berjalan mereka berdua saling akrab sebagai seorang sahabat. dimalam yang cerah merpati jantan tidak bisa memejamkan matanya, dia merasa heran dengan kondisinya yang dialaminya, dia merasa pikirannya sesalu membayangkan merpati cantik yangg tak lain adalah sahabatnya. merparti jantan tersebut bahwa tak menyadari bahwa dia telah jatuh cinta. dia pun selalu merasa gembira apabila saat bertemu sahabatnya. waktu terus berlalu dan merpati jantan tersebut merasa tersiksa karena dia tak bisa mengungkapkan perasaanya. dia merenung dan mengumpulkan keyakinan untuk mengungkapkannya, ke esokan harinya dia bertemu, dia merasa gugup namun dia tak punya pilihan lagi, akhirnya dia mengungkapkan perasaanya, sejenak merpati jantan tersebut menunggu jawaban darinya, dan tak disangka merpati yang cantik tersebut meminta sebuah pembuktian cintanya 
"bisa kau melakukan pembuktian untukku ?"
"pembuktian apa " jawab merpati jantan itu
"Bisakah kau mengubah warna mawar putih menjadi mawar merah ?"
seketika merpati jantan itu diam, dan dia jawab dengan terpatah-patah "Ba baik lah"
"Kalau begitu temui aku besok"
merpati jantan tersebut terbang menuju ke rumah untuk memikirkannya. dalam pikiran dia mustahil merubah bunga mawar tersebut, sampai larut malam dia tidak tidur.
Keesokan Harinya sesuai janji merpati jantan tersebut menemuinya.
"Baiklah aku akan melaukan sebuah pembuktian" Kata merpati Jantan tersebut
"Bagaimana bisa ?"
"ayo kita mencari mawar putih" dengan sigap merpati jantan tersebut terbang dan diikuti oleh sahabat merpati cantiknya
mereka berdua akhirnya menemukan sebuah mawar putih di lahan yang begitu indah.
"Aku mempunyai satu permohonan, tutup matamu sampai aku beri isyarat untuk buka, tapi terserah kau untuk mempercayai pembuktian ku apa tidak" ucap merpati jantan
"Baiklah" jawab merpati nan cantik
merpati nan cantik itu segera menutup mata, suasana tampak hening setelah beberapa lama merpati jantan tersebut memberikan isyarat untuk membuka mata
"se sekarang buka matamu"
merpati nan catik tersebut membuka matanya dan dengan seketika dia berlinang air mata.
"a apa ka ka kau sudah yakin ?"
merpati nan cantik tersebut mengangguk, dan bersedih melihat apa yang terjadi di depan matanya. dia sungguh amat menyesal 
Bunga mawar putih tersebut sudah menjadi merah dengan tetesan darah pembuktian dari sang merpati jantan,, akhirnya merpati jantan tersebut tersenyum lalu memejamkan matanya untuk selama-lamanya.


Sekian dulu sobat-sobat ceritanya, jangan lupa update Blog ini untuk mendapatkan cerita-cerita yang lainnya. :D


Jun 9, 2013

Ayo pemuda !!! Bangkitkan Jiwa Nasionalisme



Dimalam yang sunyi ini saya ingin menuliskan tulisan yang sudah lama saya ingin tuliskan yaitu tentang jiwa Nasionalisme. Pernahkah sobat-sobat merasa Bosan dengan berita yang itu-itu saja seperti halnya Korupsi dan korupsi ? Pernahkah sobat-sobat merasa kesal apabila melihat TimNas Sepakbola kita Kalah terus ? Jujur kalau saya pernah merasa Bosan dan kesal. Pertanyaan saya buat sobat-sobat, Apakah dengan pertanyaan yang sebelumnya mengurangi jiwa Nasionalisme kita terhadap bangsa Indonesia ? nah sobat-sobat punya jawabannya donk..

tentunya saja di era sekarang kadar Nasionalisme perlahan terkikis, miris melihatnya. seperti halnya hukum alam yaitu kebaikan dan keburukan, Bangsa kita juga seperti itu. Tidak ada Bangsa atau negara di dunia ini yang sempurna ? Benar atau saya yang salah. terkadang kita bangga dengan prestasi bangsa kita, tapi terkadang kita merasa acuh atau tak ingin tahu tentang keburukan bangsa kita. Keburukan bisa berubah menjadi kebaikan asalkan kita mau menuntunnya...

Pernahkah sobat-sobat melihat bendera merah putih dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan meneteskan Air mata ? jika sobat pernah berarti sobat berarti sobat-sobat melihat gambaran betapa pedihnya derita pilu yang harus dijalani para-para pahlawan kita, dengan mengorbankan airmata, darah, keringat mereka tetap berjuang demi mengibarkan bendera Merah Putih. jika saja zaman dahulu bangsa kita tidak berjuang mungkin kita tidak bisa menikmati kebebasan yang saat ini kita nikmati.

Kita patut bangga karena kita berbangsa Indonesia, kenapa ? karena bangsa indonesia dikatakan sebagai bangsa yang ajaib karena bisa mempersatukan beraneka ragam suku, ras, agama. tidakheran banyak bangsa yang iri dengan bangsa kita karena bangsa kita dapat mempersatukan semuanya menjadi satu, seperti halnya pelangi.

Pelangi tidak akan indah jika hanya mempunyai satu warna
Pelangi akan indah jika terdiri dari banyak warna

semoga saja sobat-sobat mengerti ungkapan saya di atas. hehe

Seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat mengubah dunia (Bung Karno).

pemuda merupakan pilar suatu bangsa, menopang bangsa. jangan pikir bagaimana keburukan bangsa kita, yang harus kita pikirkan adalah bagaimana memperbaiki keburukan Bangsa kita. 

kumandangkan selalu Indonesia Raya di dalam hati kita..
Ingat selalu merah putih dalam benap kita..
berbanggalah dengan segenap jiwa dan raga kita bahwa kita di lahirkan  dan memajamkan mata di Indonesia..
junjung tinggi harga diri bangsa indonesia..

Ayooooooooooo pemudaaaaaaaa bangunkan bangsaa ini dari tidurnya.. 

tentunya saja ungkapan tidak akan berarti jika tidak dibarengi dengan tindakan yang nyata. saya yakinn suatuu saat indonesia akan menjadi bangsaaa yang besarrr besarrr besarrr besarrrrrrr, jangan buat para pahlawan kita menangis di sana...

Bangkitttt dari keterpurukannn dan bertindak sesuai dengan ideologi pancasila, NKRI Hargaaa matiii....


Mohon maaf kalau ada salah kata atau salah pengetikan sobat-sobat sekalian.. terimakasihh


May 30, 2013

Lawakan Garing, Jangan di Baca



Di pagi yang sedap seperti dimana engga ada kegiatan soalnya udah pengumuman kelulusan dimana tinggal menunggu ijazah dan ditemanin dengan bantal yang banyak ilernya rasanya ingin menulis sesuatu, tapi engga tau apa yang mau di tulis. tapi setelah habis kentut barusan dapet inspirasi eh tapi sesudah bau kentutnya hilang,, ntah kemana inspirasi tersebut seperti hanya senyawa udara kentut yang terhempas oleh angin dan kemudian hilang.. sory ya sobat-sobat nulis kaya begini biar dikata lucu tapi mah sebenarnya engga lucu. Krik Krik Krik

Ini pertama kali gua nulis tentang lawakan, sebenarnya sih engga bisa di bilang lawakan karena gua engga bisa buat orang orang ketawa :'(,, Aelahhhh ketawa apa. ya udah kebetulan gua engga tau mau nulis apa'an dalam postingan ini, ya udah buat judul ngasal yang lucu biar di baca ternyata benerkan postingan ini engga laku,, Aelahh Baca apa tulisan gua..

menyetel lagu pada saat menulis tulisan ini dengan harapan bisa menimbulkan inspirasi tentang lawakan ternyata hasilnya nihil, Sialannnnn, setelah nyetel lagu udah gua laku'in sekarang yang gua laku'in makan untuk bermaksud supaya mendapatkan inspirasi karena yang bisa membungkam cacing di perut gua yang dari tadi sudah berkoar minta jatah untuk asupan nutrisinya, itu pun udah gua laku'in demi dapet inspirasi pada postingan ini ternyata hasilnya nihil, Sialannnnn..

Okelah semua hal udah gua laku'in seperti kentut, makan, kencing, sikat gigi, nyuci piring, nyuci mobil ett maaf engga punya mobil, jemur pakaian emak, bapak ,ade, dengerin berita, mangap, merem bohongan, merem beneran, tahan nafas 1 detik, main congklak, main monopoli, loncat-loncatan, push up pakai 1 jari, push up pakai hidung, maen bola api, maen bola air, maen sama singa, maen patok patokan sama ular Cobra terrrrrnyata hasilnya nihil gua engga dapet inspirasi buat lawakan...

et trusss temen gua baca tulisan postingan ini, dia malah ketawa kata dia lucu, pas gua baca ternyata lucu siaaalaaaaannnnn. gua ketawa 1 detik abis itu berhenti karena takut baterai ketawa gua takut habis soalnya belom gua cash... ahahahahahaha lucu banget kan, passssstii engga.

ya udah dah dari pada kelamaan mendingan gua pamit dah emang lawakan gua garing, gua mengakuinya sendiri karena gua cuman bisa ketawa 1 detik doank jadi gua bilangnya garing coba gua ketawa lebih dari 1 detik pasti gua bilangnya engga garing. bayangin hal yang dilaku'in selama 1 detik doank memuaskan engga, bayangin sobatt-sobat bayanginnn bayanginnnn !!!! ya udah pamit dulu soalnya nih baterai notebook gua udah mau habis .. Asalamualaikummmm..


Apr 24, 2013

cara menambah followers dengan mudah dan cepat

cara menambah atau memperbanyak followers dengan mudah dan cepat / cara agar followers kita banyak  memperbanyak jumlah followers - Twitter oh twitter siapa yang engga tau donk jejaring sosial yang satu ini, sejak awal kemunculannya sudah disambut dengan respon positif masyarakat dunia. waww

Hayo siapa yang belum punya akun twitter ? pasti saya jamin apa bila sobat-sobat sekalian membaca postingan ini tentunya saja mempunya akun twitter, lalu gimana jumlah followers dari akun masing-masing sobat sekalian kalau dikit jangan cemenguuud ya.. hehe :D  dalam jejaring sosial ini pasti sobat-sobat mengharapkan jumlah followers yang banyak, kenapa ? karena semakin banyak followers akun kita makan semakin bergengsi akun kita di mata teman-teman. misalnya begini
a : Cuy followers lu berapa ?
b: dikit kok cuman 1000 followers..
a: (lalu si a heran)...

Hehe. langsung saja deh tanpa berlama-lama. adapun langkah-langkahnya seperti berikut :

sebelum itu cara kerja adalah kita memfollow orang maka orang tersebut secara otomatis akan memfollow kita

1. Login Twitter terlebih dahulu

2. Jika sudah masuk kemudian buka situs twitclub


Keterangan :
Panah No 1. di gunakan untuk kita mencari club atau kata lain group nah di dalam group tersebut terdapat orang-orang yang sudah bergabung, tinggal kita follow maka secara otomatis orang itu akan memfollow kita. lalu apakah yang ada di dalam group tersebut akunnya aktif atau engga ? akun yang terdapat dalam club atau group tersebut aktif alias bukan bohongan. apa ada club untuk indonesia ? tentunya ada bahkan sangat banyak tinggal kita cari di kolom anak panah no 1

Panah No 2. di gunakan untuk melihat orang-orang yang berada dalam suatu club atau grup tersebut


3. Kemudian pilih Login Via Twitter



4. Selanjutnya pilih Izinkan Aplikasi


5. Kemudian Klik baca'an Join this Club. karena kita bisa memfollow orang yang ada di club tersebut dengan bergabung terlebih dahulu atau join.

6. Jika sudah kita bisa memfollow orang yang kita hendaki. 
tapi ada Catatan : Kita di berikan 300 poin untuk 3 jam jika kita memfollow satu orang maka poin kita berkurang 10 poin, misalkan poin kita sudah habis tunggu 3 jam kembali maka poin kita akan 300 poin kembali.. waw jadi bisa dapet followers banyak donkz.. ya iyalah banyak wkwkwkwk


Nah sekian dulu sobat-sobat tentang cara menambah followers dengan mudah dan cepat . semoga saja dapat bermanfaat .. hehehe terimakasih karena sudah membaca






Apr 21, 2013

Terimakasih atas kunjungan sobat

asalamualaikum pada kesempatan kali ini saya mengucapkan terimakasih kepada sobat-sobat sekalian yang telah berkunjung ke blog ini. saya juga meminta maaf kepada sobat-sobat sekalian apabila ada yang ingin bertanya tapi belum saya jawab, karena belakangan yang lalu saya di hadapkan untuk Ujian Nasional maklum klo ujian Nasional nih rasanya Kepala kepingin meledak.. duarrr hehe pasti engga lucu maaf dah :D. sekarang kegiatan yang saya lakukan adalah refreshing terlebih dahulu setelah menjalani penaknya menghadapi Ujian Nasional. hehe saya juga meminta maaf karena belum berkunjung ke Blog sobat-sobat sekalian. tetapi insyallah kalau ada waktu saya akan berselancar ke Blog sobat-sobat sekalian itung-itung mencari ilmu yang terdapat dalam Blog sobat-sobat sekalian.. numpang narsis ya sobat-sobat

================= Mau Liat Foto saya ==================





ayo nilai siapa yang paling ganteng itu saya.. hehe terimakasih karena telah membaca mudah-mudahan engga gumohh ya :)



Mar 10, 2013

cara membuat form sederhana

asalamualaikum sobat-sobat, gimana kabarnya setelah lama tidak berjumpa ?? saya harapkan sobat-sobat dalam keadaan yang baik-baik saja. pada kesempatan kali ini saya akan membuat postingan tetntang bagaimana membuat sebuah form yang sederhana, awalnya saya tidak mengerti sama sekali mengenai form dan umumnya sebuah form merupakan sebuah pembelajaran untuk SMK Kejuruan Rekayasa Perangkat Lunak atau RPL oke langsung saja dah ntar kelamaan keburu ngantuk lagi abangnya.. hehe garing banget



<center>
<form action="http://novanpeace.blogspot.com" method="post" />
Username:<input type="text" name="username" />
Password:<input type="password" name="password" />
<select>
  <option>==Pilih kelas=</option>
  <option>Kelas X</option>
  <option>Kelas XI</option>
  <option>Kelas XII</option>
</select>
<input type="checkbox" name="biarkan daftar" />biarkan daftar
<input type="submit" value="Login" />
</center>





Username:
Password:
     
 biarkan daftar



Keterangan : - From Action : Digunakan untuk pergi ke alamat setelah kita menekan Login
                      - <input type="text" --> digunakan untuk memasukan text seperti dalam username
                      - <Input type="password" --> digunakan untuk memasukan password
                      - <select --> untuk memberikan pilihan
                      - <option --> membuat yang akan menjadi pilihan
                      - <input type="checkbox" --> digunakan untuk cheklist atau tanda centang
                      - <input type="submit" -->digunakan untuk membuat kotak login sedangkan value di  
                        gunakan untuk tulisan seperti Login


Feb 15, 2013

heello serupa tapi tak sama dengan twitter



alhamdulilah sobat-sobat akhirnya saya bisa buat postingan setelah saya sibuk dengan pelajaran maklum soalnya udah kelas 12. bagaimana sobat-sobat kabarnya setelah lama saya tak nongol saya harap sii baik-baik saja seperti saya :D

apakah sobat-sobat tau tidak tentang heello ? apakah masih jarang di dengar. hehe maklum sekarangkan popularitas jejaring sosial itu antara twitter dan facebook tentunya.. hehe ada yang punya akun heello tidak ? tentunya kalau punya pasti sudah mengetahui kemiripan antara twitter dan heello itu sendiri. klo saya si punya donk,, hehe (sombong dikit ah). jejaring sosial heello ini sendiri sebenarnya belum lama mengubah tampilannya. untuk tampilan yang sekarang lebih menarik di bandingkan dari tampilan yang sebelumnya. hehe sebenarnya jejaring sosial ini belum lama di ciptakan yaitu sekitar tanggal 10 agustus 2011, belum lama kan ? hehe.. lalu di katakan kenapa serupa tapi tak sama dengan twitter ?

sebenarnya penerapan sama dengan twitter tetapi hanya istilahnya saja yang membedakan dengan twitter. berikut ini istilahnya :

di twitter ada istilah tweet lalu di heello di kenal dengan istilah ping
di twitter ada istilah follow sedangkan di heello di kenal dengan istilah Listen
di twitter ada istilah unfollow sedangkan di heello di kenal dengan istilah unlisten
di twitter ada istilah retweet sedangkan di heello di kenal dengan istilah echo
di twitter dan heello sama mempunyai bio
dan masih banyak persamaannya.

jika saja sobat-sobat penasaran tentang persamaannya dengan twitter maka sobat-sobat bisa membukanya di http://heello.com jika sobat-sobat ingin mendaftar silahkan buka http://heello.com/users/sign_up dan jika saja sobat-sobat sudah mempunyai akun sobat-sobat bisa menilai persamaannya dengan twitter, dan satu lagi jangan lupa listen saya ya, hehehe di http://heello.com/novanSINGslow atau bisa mengetik usernamenya dengan nama novanprasetyo tenang aja pasti di listback kok atau kata lain bahasa twitter yaitu di folback. jiah maaf nih sobat-sobat malah promosi akun. hehe 

terimakasih sobat-sobat karena telah membaca semoga saja dapat bermanfaat. sampai jumpa di postingan selanjutnya. :D


Jan 31, 2013

Kelebihan dan manfaat Wanita memakai Kerudung atau jilbab

Asalamualaikum sobat-sobat sekalian alhamdulilah pada kesempatan kali ini saya di beri waktu luang untuk menulisakan postingan ini. hehe :D Pernahkah sobat-sobat memperhatikan seorang yang memakai kerudung atau jilbab, tentunya saja pernah donk :p.

Oleh karena itu postingan ini di buat karena untuk saya memberikan penilaian menurut diri saya peribadi, tentunya saja penilaian setiap individu berbeda mohon di maklumi apabila ada pendapat saya yang tidak sesuai dengan pendapat sobat-sobat sekalian.. hehe :D

Oke langsung saja tanpa berlama-lama berikut ini kelebihan Wanita memakai kerundung atau jilbab menurut pendapat saya :

1. Wajah Lebih Terfokus
Maksud saya dalam hal ini, jika sobat-sobat pernah memperhatikan seorang wanita yang berjilbab tentunya saja wajahnya lebih terfokus,maksudnya terfokus adalah pandangan akan mengarah ke arah wajah langsung. bandingkan saja jika melihat wanita tanpa berjilbab maka pandangan kita tidak begitu terfokus ke arah wajah dari wanita itu sendiri. sebagai contoh bandingkan foto di bawah ini, dan dalam hal ini bukan berarti saya memandang negatif wanita yang tidak berjilbab karena ini menurut pandangan saya saja, intinya setiap wanita memiliki kesempurnaan. hehe :D



2. Peniliaian terhadap pribadi seorang wanita
Dalam hal ini seorang wanita yang berjilbab tentunya saja mendapat penilaian yang positif terhadap dirinya pribadi. karena penilaian ini merupakan salah satu kunci yang utama terhadap pembentukan kepercayaan diri sendiri pada wanita itu sendiri. 

3. Berkepribadian menarik
maksud disini saya menempatakan sebagai penilai yang saya bisa sampaikan melalui postingan ini, maksudnya adalah selain dapat penilaian positif wanita berjilbab ini biasanya mempunyai kepribadian yang menarik . tentunya saja pandangan ini dari segi sudut pandang laki-laki :p

4. Menjadi Pusat perhatian
biasanya yang saya amati selama ini wanita yang memakai jilbab selalu menjadi pusat perhatian bagi orang-orang yang sering berinteraksi dengan wanita tersebut.

5. menambah rasa percaya diri
dalam manfaat kerudung ini tentunya saja bagi sebagian para wanita adalah untuk menambah percaya diri, karena dengan media jilbab atau kerudung itu menjadi media bagi seorang wanita untuk menunjukan bahwa dengan menggunakan jilbab dia bisa lain dengan yang lainnya.

6. melindungi mahkota wanita (rambut)
taksalah bahwa ada ungkapan bahwa mahkota wanita itu adalah rambut dengan memakai jilbab tentunya saja wanita tersebut secara langsung melindungi mahkotanya yaitu rambut.. hehe :D

Mungkin sekian dahulu sobat-sobat Opini saya tentang kelebihan dan manfaat wanita memakai kerudung atau jilbab, sebenarnya masih banyak kelebihan manfaat dan manfaatnya. hehe :D
saya juga meminta maaf apabila ada opini saya yang tidak sesuai dengan opini pemikiran sobat-sobat, saya mengambil atau membuat opini tersebut berdasarkan pemikiran saya. hehe Mohon maaf ya.
selain mengucapkan maaf saya juga mengucapkan terimakasih kepada sobat-sobat yang sudah menyimak postingan saya. semoga saja ini dapat bermanfaat.. hehe :D


Parasnya sungguh Indah Sekali


asalamualaikum sobat-sobat menutup bulan januari di tahun 2013 ini saya akan membuat sebuah puisi yang tentunya saja berasal dari dalam hati. hehe jika sobat-sobat pernah merasakan jatuh cinta dan tentunya saja jika sobat-sobat perhatikan paras kepada seseorang yang sedang kita sukai ? lalu bagaimana parasnya ? tentunya saja pasti positif donk.. hehe oke tanpa berlama-lama langsung saja tolong disimak baik-baik seandainya kurang bagus mohon di maklumi sobat-sobat.. hehe :D


Parasnya Indah Sekali


Bertilas dari sebuah mimpi
ku terbangun oleh seengun keindahan
terdiam dan bahagia itulah rasanya
cahaya yang begitu terang
sungguh indah bila di saksikan
bagaikan aurora yang berkemilau

Entah sungguh apa yang terjadi ?
Hatiku Merasa bahagia
bila melihat keindahan parasmu
sungguh daya tarik yang indah
membuatku Pikiranku Kosong
dan selalu hanya memikirkan dirimu

Terbuai, Terpana, Terhanyut
kata-kata yang tepat untukku saat ini
parasmu membuatku ingin memilikimu
bagai hawa sejuk di pagi hari
parasmu membuai ku ke dalam suasana tabjuk

paras yang memukau itu selalu ada dalam hati
walaupun dirimu tidak mengetahui tentang perasaan ini
tapi biarkan tetesan hujan yang menyampaikannya
walaupun ku membisu tapi ada satu kata yang ingin ku ucapkan
"Parasnya Sungguh Indah Sekali"

Gimana sobat-sobat ?? hehe maaf ni kalau saja puisinya kurang nikmat dan panjang soalnya daya imajinasi saya belom di isi ulang oleh karena itu saya meminta maaf.. hehe :D

oh iya terimakasih atas partisipasi sobat-sobat dalam membaca puisi ini.. sampai jumpa pada postingan selanjutnya.. :D


Jan 25, 2013

Cerita orang yang tidak bisa mengukapkan perasaan kepada pujaan hatinya



Dimalam yang dingin ini memang sungguh nikmat untuk membuat postingan tentang isi hati. suasana yang mendukung terbuainya curahan hati sehingga saya dapat menuliskan postingan ini. melihat judulnya saja sobat-sobat tentu sudah bisa menilai apa yang saya sedang rasakan belakangan ini.

memang dalam dunia ini tuhan menciptakan kepribadian seseorang secara beraneka ragam, seperti ada yang pemalu, periang, pemberani, dan lain sebagainya. dan untuk yang mempunyai kepribadian yang pemalu tentu saja mengukapkan isi hatinya kepada seseorang merupakan sebuah beban yang teramat sangat. banyak hal yang membuat seorang bertipe pemalu tidak berani mengukapkannya isi hatinya kepada pujaan hatinya. memang mimpi itulah yang saya rasakan, kenapa mimpi karena saya tidak bisa mengukapkan isi hati saya kepada pujaan hati saya. teramat tersiksa hati saya karena tidak bisa mengukapkannya, dan saat ini saya hanya bisa merenungkan kenapa saya mempunyai kepribadian yang tidak bisa menggukapkan isi hati saya. saya sungguh iri melihat orang sekitar saya bisa mengukapkan perasaannya kepada orang yang di cintainya.

terkekang oleh kepribadian sendiri merupakan hal yang sungguh tidak amat enak bagi diri sendiri, di luar tertawa tapi dalam lubuk hati yang paling dalam saya tersiksa. saya selalu menutupi perasaan yang amat perih  ini di depan teman-teman saya dengan canda dan tawa. untuk melakukan perubahan terhadap kepribadian ini tentunya sangat sulit dan tidak semudah membalikan telapak tangan atau sekedar mengedipkan mata. sampai kapan ini akan mengekang saya tentunya saja saya tidak tahu. 

dan yang sekarang saya hanya bisa mengagumi mu saja dan tidak bisa memiliki mu. melihat dirimu saja aku merasa gembira tapi kegembiraan itu hanya sebatas angan bukan realita. merenung merenung dan diam itu lah yang kini saya lakukan. pernah aku untuk tidak mengingat gambaran tentang dirimu tapi tidak bisa bayangan itu selalu muncul dan menyiksa batinku. dan yang sekarang saya harapkan andai saja kau tahu tentang perasaanku ini tanpa aku harus untuk menyatakan dengan kata-kata..

dan untuk yang di sana semoga kau mendengarkan perasaan hatiku ini for D****. jika saja kau tidak mendengarkannya mungkin harapanku satu-satunya agar tuhan menyampaikan perasaanku ini untuk dia. 

Terimkasih untuk sobat-sobat yang sudah membaca postingan ini semoga saja sobat-sobat dapat mengambil pelajaran yang baik tentang tulisan di dalam ini. :')


Jan 23, 2013

tetap semangat mendukung arsenal walaupun banyak sindiran


tetap semangat mendukung arsenal walaupun banyak sindiran - asalamualaikum sobat-sobat sekalian gi mana kabarnya pasti baik-baik saja donk tentunya. dalam postingan kali ini saya ingin membangkitkan semangat bagi para gooners. jika saja kalian semua pendukung arsenal tentunya belakangan ini sobat-sobat pendukung arsenal mendapatkan ejekan dari supporter lainnya yang sabar ya sama seperti saya yang selalu mendapat ejekan. tapi kali ini saya ingin membagi pengetahuan jika sobat membacanya mungkin sobat akan merasa bangga sebagai pendukung arsenal. VCC


Akhir-akhir ini fans Arsenal sering diolok-olok fans klub lain yang berhasil memboyong pemain terbaik Arsenal musim lalu, Robin Van Persie dan Alex Song. Van Persie sebagai pencetak gol terbanyak dengan 37 gol dan Alex Song sebagai pengumpan terbaik dengan 14 assist musim lalu. Van Persie yang kontraknya dengan Arsenal sisa setahun dijual ke Manchester United dengan harga £22,5 juta + add on £1,

5 juta tergantung pencapaiannya bersama klub barunya. Alex Song yang kontraknya masih sisa 3 tahun bersama Arsenal dijual ke Barcelona dengan harga £15 juta. Penjualan dua pemain terbaik Arsenal musim lalu ini kontan menjadi cibiran fans klub baru mereka, Manchester United dan Barcelona. Tuduhan bahwa Arsenal adalah “selling club”, “feeder club”, tidak berambisi untuk menjadi juara, muntah dari mulut mereka, sambil mengabaikan fakta bahwa Arsenal sudah membeli 3 pemain internasional sebelum menjual RVP dan Song: Giroud top skorer liga Perancis musim lalu, Podolski langganan timnas Jerman, dan Cazorla, pemain Spanyol yang sudah memegang trofi Piala Euro 2 kali.

Arsenal membeli ketiga pemain itu dengan harga relatif murah, ketiganya di bawah angka £20 juta. Sebagai catatan selama ini Arsenal belum pernah membeli pemain di atas £20 juta. Klub pelit kata mereka dan mungkin sebagian dari kita (Gooners). Padahal kalau saja fans memahami bagaimana model finansial Arsenal bekerja, pujianlah seharusnya yang diberikan kepada Arsenal. Bagaimana Arsenal bisa menjalankan klub dan tetap berkompetisi di tengah arus uang yang tidak wajar yang beredar di klub-klub papan atas Eropa. Tulisan ini akan sedikit membahas model finansial Arsenal agar fans sepakbola terutama fans Arsenal bisa lebih memahami posisi klub sehingga bisa menyamakan suara dalam mendukung klub tercinta ini, which is by far the greatest club the world has ever seen.

Model Finansial Klub Sepakbola

Sebelum era Roman Abramovich di Chelsea, klub-klub di Premier League hanya punya satu model finansial, yaitu model Arsenal. Menjadi membingungkan ketika jurnalis bola di Inggris dan ex pemain EPL secara kurang cerdas menyimpulkan model finansial Arsenal harus berubah. Padahal model finansial Arsenal tidak berbeda dengan Manchester United. Liverpool, Spurs dan hampir semua klub liga Inggris mengadopsi model yang sama. Model ini adalah menjalankan klub dengan tujuan tidak bangkrut, bisa exist untuk jangka panjang, dengan cara mendapatkan profit atau setidaknya break-even setiap tahunnya dan terus mengembangkan pendapatan. Prestasi di liga menjadi jaminan agar finansial klub bisa terus berkembang bukan sebaliknya: menjalankan klub dengan tujuan dapat trofi di liga tapi finansial klub merah dan klub terancam bangkrut. Model finansial Arsenal mengharuskan klub hidup mandiri artinya pendapatan klub digunakan untuk pengeluaran klub. Tidak ada sumber pengeluaran lain selain dari pendapatan dan utang. Utang klub dikelola dengan baik, setiap tahun cicilan utang harus bisa dibayar. Demikianlah model finansial Arsenal, MU dan klub-klub bola lainnya yang tidak berbeda dengan sebuah perusahaan yang sehat.

Yang menjadi anomali adalah Chelsea dan Manchester City karena kedua klub ini mengadopsi model finansial yang berbeda. Setiap tahun kedua klub ini merugi, karena membeli pemain dengan harga mahal dan gaji tinggi demi prestasi. Kerugian klub ditutup dengan uang pribadi pemiliknya. Kedua klub ini dibiayai oleh milyuner yang tidak sayang uangnya dibuang setiap tahunnya, demi trofi dan gengsi. Milyuner yang “dermawan” ini kita sebut Sugar Daddy, sebutan slang untuk om-om yang memberikan permen gratis ke anak muda dengan imbalan kepuasan seksual. Analogi Sugar Daddy ini cukup akurat mengingat Roman Abramovich telah memberikan Chelsea “trofi gratis”, dan imbalannya ia mendapatkan kenikmatan yang mungkin setara dengan kepuasan seksual. Maka tak heran kalau Roman gemar masuk kamar ganti pemain Chelsea, mengintervensi pekerjaan Manajer, dan ikut menentukan pemain mana yang harus dibelinya. Karena kenikmatan hasil dari prestasi klub disamakan sebagai kenikmatan personal juga. Chelsea adalah Roman, Roman adalah Chelsea. Hal yang sama sekarang terjadi di Manchester City walaupun lingkupnya tidak personal lagi tapi “brand” sekelompok Sheikh kaya raya dari Arab.

Apakah model finansial Arsenal harus diubah menjadi model Sugar Daddy yang diadopsi Chelsea dan Manchester City? Orang yang rasional dan hidup di dunia yang waras akan bingung dengan usulan demikian. Mengapa harus menukar keuangan yang sehat dengan keuangan yang terancam bangkrut + beberapa permen gratis (baca: trofi)? Mengapa harus mencari Sugar Daddy dan menggantungkan nasib klub kepadanya? Fans mungkin akan tergiur, kalau tidak dijelaskan secara gamblang ancaman apa yang akan terjadi di masa depan dengan model finansial Sugar Daddy seperti Chelsea dan City.

Bahaya Sugar Daddy Club

Sugar Daddy datang menawarkan harapan, menyelamatkan klub dari kebangkrutan dan memberikan prestasi. Janji itu memang terbukti di awal-awal musim. Roman membayar seluruh utang Chelsea, mengambil alih klub dengan harga cukup murah (karena kondisi keuangan klub yang parah), membeli pemain-pemain mahal dengan gaji tinggi, dan Chelsea menjadi juara. Dalam dua tahun, sosok Roman menjelma menjadi Godfather, tokoh yang dipuja seluruh anggota sindikat Chelski. Bagi sebagian orang ia malah dianggap Messiah, penyelamat klub yang tidak hanya menjanjikan surga tapi juga membawa seluruh pengikutnya ke surga.

Tentunya Roman juga punya rencana. Ia bukan dermawan. Ia pengusaha yang tentunya ingin Chelsea memberikan pemasukan baginya selain menarik uang pribadinya. Tidak ada Messiah yang mencetak uang asli di dunia ini tanpa henti dan bisa terus-menerus membiayai klub yang merugi setiap tahunnya. Idealnya dalam jangka panjang Roman ingin Chelsea semakin laku jual secara komersil berkat prestasinya di Inggris dan Eropa, dan kemudian menjadi klub yang menguntungkan. Tapi kenyataan tidak selalu sesuai rencana. Setelah 9 tahun memiliki Chelsea, keuangan Chelsea selalu merugi setiap tahunnya walaupun gelar juara liga, FA Cup dan terakhir Champions League sudah di tangan.

Kerugian Chelsea per tahun (sumber: swissramble)

Grafik di atas menunjukkan kerugian Chelsea per tahun. Tahun 2005 kerugian Chelsea mencapai hingga £140 juta karena di tahun itu Mourinho membeli pemain-pemain mahal dalam jumlah banyak demi berkompetisi dengan MU dan Arsenal. Tahun-tahun berikutnya kerugian lebih sedikit tetapi tetap signifikan bila dibandingkan dengan klub-klub lainnya. Rata-rata kerugian £70 juta (setara dengan Rp 1 triliun) setiap tahun tidak bisa dianggap enteng oleh institusi apapun di dunia. Angka kerugian tersebut sangat besar jika dibandingkan dengan klub-klub EPL lainnya. Namun kerugian Chelsea per tahun pada tahun 2010 akhirnya menemukan rivalnya, Manchester City. Klub Sugar Daddy baru ini mencetak rekor kerugian £121 juta pada tahun 2010 dan £197 juta pada tahun 2011. Total kerugian £318 juta dalam 2 tahun memang akhirnya menghasilkan trofi liga Inggris di tahun 2012, namun pantaskah harga yang dibayar itu?

Perbandingan Laba/(Rugi) Klub-klub EPL 2 tahun terakhir (sumber: swissramble)

Dari grafik di atas bisa dilihat anomali Manchester City dan Chelsea daripada klub-klub lainnya. Manchester United mengalami kerugian yang cukup besar di tahun 2010 namun bisa bangkit di tahun 2011 berkat kontrak sponsorship yang baru. Liverpool dan Tottenham juga mencatat kerugian di laporan keuangannya walaupun tidak terlalu besar dan hanya Arsenal yang selalu mencatatkan profit di laporan keuangannya.

Pertanyaan baru akan muncul: jika Chelsea gagal selama 9 tahun ini membalikkan kondisi keuangannya dari rugi menjadi untung walaupun sudah mendapatkan beberapa gelar, akankah Manchester City juga mengalami hal yang sama? Apakah kebijakan mengeluarkan uang banyak untuk membeli pemain-pemain bagus yang mahal untuk memenangkan gelar (terbukti berhasil) akan berhasil membuat klub menjadi sehat finansialnya dalam jangka panjang? Karena tidak mungkin Sugar Daddy sekaya apapun mau dan mampu menanggung kerugian klub selama 10, 15 atau 20 tahun berturut-turut. Berapa lama batas kesabaran Sugar Daddy? Bila setiap tahun mereka menderita kerugian dan klub tidak pernah bisa keluar dari zona merah finansial, kita bisa prediksi pada akhirnya Sugar Daddy akan pergi atau berhenti memberikan permen gratis lagi. Ini asumsi rasional dan sudah terjadi pada Malaga, yang Sugar Daddy-nya mulai terlihat akan hengkang walaupun klubnya akhirnya berhasil masuk Liga Champions musim ini. Pemain-pemain bagusnya dijual dengan harga obral. Salah satunya Santi Cazorla yang dibeli Arsenal. Pemain yang di dua match awal sudah menunjukkan potensi player of the year.

Pertanyaan terakhir mengenai model finansial Sugar Daddy: apakah model ini bisa berhasil? Model ini berhasil menghantarkan gelar juara ke beberapa klub yang konsisten mengeluarkan uang banyak. Namun apakah model ini bisa menghantarkan klub ke jajaran klub elit dunia, yang pendapatannya jauh di atas klub-klub lainnya. Yang pendapatannya mampu membeli pemain mahal, bayar hutang dan tetap profit. Mampukah Manchester City menjadi Manchester United baru? Klub terkaya dunia yang kekuatan komersialnya demikian besar hingga mampu membiayai take-over Glazers dengan sendirinya. Dengan kata lain Glazers tak perlu mengeluarkan uang sedikitpun dari kantong pribadinya untuk memiliki MU karena keuntungan dari operasional MU cukup untuk membayar utang akuisisinya, paling tidak sampai saat ini (akan dijelaskan di artikel terpisah).

Bila model ini tidak berhasil dalam jangka panjang, maka klub-klub Sugar Daddy berada di ambang kehancuran. Sesaat setelah Sugar Daddy memutuskan untuk meninggalkan klub, tahun itu juga Sugar Daddy Club terancam masuk administarsi (baca: bangkrut). Karena tidak ada lagi yang mau menanggung tingkat kerugian yang tidak wajar setiap tahunnya itu. Nasib sebuah klub sepakbola digantungkan pada Sugar Daddy-nya. Seorang Messiah yang juga seorang Pencabut Nyawa. Surga atau neraka sebuah klub tergantung pada satu orang. Tragis ya?

We’re a Selling Club?

Kembali ke Arsenal. Bila model Sugar Daddy Club masa depannya terlihat suram, lalu apakah masa depan model finansial self-reliance seperti Arsenal ini cerah? Faktanya Arsenal terus menjual pemain terbaiknya setiap tahun. Tahun lalu Nasri dan Fabregas, tahun ini RVP dan Song. Apakah Arsenal ditakdirkan menjadi selling club, feeder club bagi Sugar Daddy Club? Kehilangan pemain terbaiknya setiap tahun, bagaimana mungkin bisa bersaing dengan klub-klub yang jor-joran membeli pemain? Kegelisahan-kegelisahan seperti ini memenuhi kepala fans Arsenal dan menjadi bahan cibiran fans klub lain.

Faktanya Arsenal memang sulit bersaing secara finansial dengan Sugar Daddy Club (Chelsea, Man City) dan Established Club (Man United) atau Government Club (Barcelona dan Real Madrid). Established Club seperti MU ini maksudnya klub yang sudah mapan secara komersial. Memiliki jaringan sponsorship yang kuat di seluruh dunia dan jaringan fans yang mendunia. Government Club seperti Barcelona dan Real Madrid adalah klub-klub yang sering ditolong pemerintah setempat, dimudahkan untuk meminjam uang di bank-bank setempat. Maka tidak heran Barcelona dan Real Madrid yang pendapatan dari broadcasting TV-nya lebih besar dari 18 klub La Liga lainnya digabungkan tetap memiliki hutang ke bank hampir setengah milyar euro. Government Club ini klub yang tidak mungkin bangkrut, too big to fail kata orang keuangan. Kalau Real Madrid punya Raja Spanyol yang akan selalu mem-bailout klub ini, Barcelona adalah simbol kebanggaan seluruh rakyat Catalunya yang tidak mungkin dibiarkan bangkrut rakyatnya.

Sugar Daddy Club, Established Club dan Government Club adalah lawan-lawan Arsenal. Kalau ibarat pertandingan tinju, mereka kelas berat, kita kelas menengah. Bagaimana mungkin seorang Pacquiao bisa mengalahkan Klitschko? Di sepakbola tidak ada yang tidak mungkin. Montpellier, klub gurem itu baru saja memenangkan liga Perancis musim lalu, mengalahkan Sugar Daddy Club PSG. Dan striker no.1 nya saat ini bersama Arsenal, Oliver Giroud. Arsenal bisa mengalahkan klub-klub kelas berat tersebut, hanya dengan The Arsenal Way.

Bagian dari The Arsenal Way adalah manifesto ini: We’re not a selling club. We’re a trading club. We buy cheap and sell high. Untuk penjelasan lebih lanjut, silakan baca artikel di blog ini: Poznan in My Pants. Artikel tersebut menjelaskan dengan sangat detail mengapa Arsenal bukan a selling club.

Posisi Arsenal

Menjadi trading club adalah niscaya, untuk bisa berkompetisi dengan tiga kelompok klub kelas berat tersebut. Untuk saat ini sumber dana Arsenal tidak cukup untuk menaikkan Arsenal ke level yang sejajar dengan klub kelas berat namun hal ini tidak akan berlangsung selamanya. Grafik berikut menjelaskan mengapa.

Pendapatan Klub EPL

Arsenal di tahun 2005 adalah klub yang pendapatannya lebih kecil daripada Liverpool dan Chelsea sebelum era Roman. Tahun 2011 Arsenal dan MU pendapatannya naik hampir 100% sedangkan Chelsea yang didukung Sugar Daddy hanya naik 51%, hampir sama dengan Liverpool. Manchester City dan Tottenham juga naik drastis dari segi persentase pendapatan namun secara nominal masih jauh dari level pendapatan MU, Arsenal, Chelsea.

Satu-satunya sumber peningkatan drastis pendapatan Arsenal adalah pindahnya klub ke stadion Ashburton Grove dari Highbury. Arsenal era Highbury berhasil mendapatkan beberapa gelar dan mampu bersaing dengan MU, namun di Eropa tertinggal jauh. Dengan stadion berkapasitas 35.000 orang, pendapatan dari tiket sangat kecil dibandingkan dengan MU yang stadionnya berkapasitas 75.000. Pindah ke Ashburton Grove menaikkan pendapatan tiket Arsenal menjadi yang tertinggi di Inggris, mampu bersaing dengan MU. Namun mengapa masih ada selisih £100 juta di pendapatan final? Dua grafik berikut ini menjelaskannya.

Commercial Revenue

Shirt Sponsorship

Grafik pertama menunjukkan bahwa pendapatan komersial Arsenal jauh tertinggal dari klub-klub besar Eropa. Pendapatan komersial Arsenal hanya sekitar 40 juta lebih, sedangkan MU 100 juta lebih dan yang terhebat Bayern Muenchen, Real Madrid dan Barcelona yang sekitar 150 juta lebih. Jadi pendapatan komersial Arsenal hanya sekitar 40% MU dan 25% dari klub dengan pendapatan komersial tertinggi. Pahit memang, tapi ini juga menjadi alasan kita dapat berharap pada masa depan yang cerah. Pandangan half-full glass akan berasumsi Arsenal masih punya potensi untuk meningkatkan pendapatan komersialnya sebesar 100 juta. Dengan kondisi pendapatan seperti sekarang saja Arsenal sudah bisa profit setiap tahunnya, bayangkan jika ditambah pendapatan 100 juta per tahun dari komersial. Angka yang fantastis dan menjadi PR besar tim Ivan Gazidis untuk mencapainya.

Grafik kedua menunjukkan pendapatan khusus dari sponsorship kaos tim. Lagi-lagi Arsenal tertinggal. Hanya sekitar 13 juta per tahun, sedangkan MU 45 juta per tahun (sebelum deal dengan Chevrolet yang gila itu) dan yang tertinggi Barcelona dengan 52 juta pertahun. Dengan sudut pandang half-full glass kita bisa kembali optimis ada potensi menaikkan pendapatan dari sponsorship kaos sebesar 30 juta per tahun.

Pertanyaannya mengapa Arsenal demikian jauh tertinggal dari segi pendapatan komersial? Hal ini disebabkan karena stadion baru. Untuk membangun stadion baru yang menelan biaya sekitar £500 juta, Arsenal butuh sumber dana yang besar. Salah satunya lewat kontrak dengan Emirates senilai £100 juta bayar di muka untuk hak penamaan stadion selama 15 tahun (maka Ashburton Grove menjadi The Emirates) dan hak merk “Flying Emirates” di kaos tim selama 10 tahun. Angka ini fantastis pada waktu itu, dan dengan pembayaran kontan di muka sangat membantu pembangunan stadion. Namun angka itu menjadi biasa saja jika dibandingkan dengan sponsorship kaos tim MU yang 45 juta per tahun sedangkan Arsenal hanya 100 juta per 10 tahun (termasuk stadion naming right) yang juga telah dihabiskan untuk membangun stadion.

Kontrak sponsorship kaos tim ini akan selesai di tahun 2014. Dan Arsenal sangat mungkin mendapatkan deal yang sebagus MU untuk kontrak ke depan. Tambahan sekitar 30-40 juta per tahun dari sponsorship kaos tim sudah di depan mata 2 tahun lagi. Namun untuk saat ini kita hanya bisa gigit jari dengan sabar menunggu masa kontrak habis.

Pendapatan komersial Arsenal juga mulai digenjot tim Marketing dengan mengadakan Tour Asia sejak 2 tahun lalu. Wenger yang biasanya memilih pre-season di training camp yang sepi dan terisolir terpaksa berkompromi demi pendapatan komersial yang dapat digunakan untuk memperkuat tim. Nilai positif dari Tour Asia ini adalah ditandatanganinya sejumlah sponsorship baru dengan produk regional. Mari kita tunggu laporan keuangan tahun 2012 ini, seberapa besar peningkatannya.

Dari paparan di atas sudah jelas Arsenal untuk saat ini tidak sejajar dengan Tiga Kelompok Klub Kelas Berat (Sugar Daddy Club, Established Club, Government Club). Namun hal ini tidak berarti kita akan selamanya begitu. Tahun 2014 akan memulai babak baru dari naik kelasnya Arsenal. Mungkin dari kelas menengah ke kelas ringan dahulu, sebelum secara perlahan naik ke kelas berat, dari segi pendapatan klub.

Maka jangan heran kalau Arsenal tidak akan sanggup membayar Van Persie £250.000/minggu sebagaimana yang dibayar MU. Arsenal menawarkan kontrak baru ke Van Persie senilai £150.000/minggu yang sudah merupakan sebuah rekor untuk klub namun ditolak Van Persie yang ingin hidup nyaman kaya raya untuk 4 tahun ke depan. Van Persie memilih membuang status legenda Arsenal demi hidup nyaman di Manchester, musuh abadi Arsenal. Kita persilakan kalau ia lebih memilih uang daripada cinta. Silakan bergabung dengan Shrek and friends jika Van Persie menolak berasosiasi dengan pemain-pemain ganteng dan cerdas seperti Arteta, Ramsey dan Wilshere dan terima kasih atas cek senilai £24 juta hasil transfermu, pemain yang kami beli dengan harga murah, hanya £2,5 juta saja.

Song meminta naik gaji padahal sisa kontraknya dengan Arsenal masih 3 tahun. Song mengatakan ia cinta dengan Arsenal, dan ingin tinggal di Arsenal tapi ngotot minta naik gaji. Arsenal mengatakan padanya pembicaraan kontrak baru akan dilakukan setelah 1 September, karena sedang konsentrasi transfer pemain baru. Agen Song diam-diam melakukan deal dengan Barca dan meng-ultimatum Arsenal karena tahu setelah 1 September kesempatan untuk pindah bagi Song bisa lenyap. Song ngambek, malas-malasan di latihan dan selalu datang telat. Bahkan di pre-season di Cologne membangkang hingga Steve Bould, asisten Manager Arsenal sampai harus berbenturan fisik dengannya. Demi kenaikan £15.000/minggu Song akhirnya memilih membuang “cinta”-nya. Arsenal mempersilakan ia pergi. Klub lain mungkin akan tunduk pada kemauan pemain dan memberikan apa yang mereka minta, The Arsenal Way adalah klub tidak bisa didikte oleh pemain, jika tidak cocok dengan apresiasi klub, pintu keluar terbuka lebar-lebar.

The Arsenal Way

The Arsenal Way adalah bersikap cerdik di tengah kompetisi yang ketat ini sambil menunggu peluang emas di 2014. Memanfaatkan kekuatan yang lain daripada head-to-head spending competition dengan klub-klub kaya. Untuk melawan klub-klub dengan sumber daya finansial yang jauh lebih besar, Arsenal harus memanfaatkan scouting networknya. Arsenal akan selalu menemukan pemain murah, baik yang muda maupun yang berpengalaman. Permata yang bagus namun belum dipoles menjadi bintang. Laurent Koscielny salah satu contohnya. Pemain yang bisa menjadi center back terbaik musim ini luput dari pengamatan klub-klub besar. Oliver Giroud contoh lainnya. Top skorer ini dibeli murah karena eksploitasi buy out clause di kontraknya, dan Wenger berhasil meyakinkannya untuk tidak bergabung dengan Chelsea. Santi Cazorla, bagaimana mungkin MU lupa dengan pemain ini sedangkan mereka sangat butuh pengganti Scholes?

Apa saja kekuatan Arsenal yang berbeda dengan kompetitornya? Mari kita bahas.

Musim lalu Arsenal hampir mendapatkan Juan Mata sebelum Chelsea men-sabotase dengan tawaran lebih besar. Minggu lalu Nuri Sahin, sebelum Liverpool berani bayar gila untuk sebuah transfer pinjaman tanpa hak beli di akhir musim. Arsenal juga sudah mengikuti Eden Hazard sejak dulu. Samir Nasri didatangkan dengan harga murah. Podolski dan Cazorla adalah hasil pengamatan bertahun-tahun lampau. Untuk setiap Juan Mata dan Sahin yang lepas, selalu ada Koscielny dan Cazorla yang didapatkan. Kekuatan Arsenal ada pada scouting network-nya, pada jaringan mata-mata yang dibentuk Wenger sejak pertama kali menginjak London.

Kekuatan Arsenal kedua ada pada akademinya. Jack Wilshere dan Kieran Gibbs adalah produk akademi Arsenal. Arsenal juga berhasil menciduk bakat muda Barcelona penerus Fabregas seperti Jon Toral dan Hector Bellerin. Nama-nama seperti Zak Ansah, Chuba Akpom, Serge Gnarby akan mengisi Premier League 3-4 tahun lagi. Semalam mereka mengalahkan Marseille 3-0 di NextGenSeries, Champions League untuk U-19. Arsenal di era Wenger selalu terkenal sebagai pencetak bintang baru dan tidak ada alasan hal itu akan berhenti. Yang lebih menjanjikan adalah bintang-bintang baru ini sekarang juga berkebangsaan Inggris. Paling tidak mereka tidak memiliki DNA Barca, jadi kemungkinan pindah ke Barcelona di masa depan lebih kecil. Untuk pindah ke MU, Chelsea atau City juga bisa diblokir dengan kemampuan finansial kita yang baru di tahun 2014.

Kekuatan Arsenal ketiga ada pada Arsene Wenger. Tujuh tahun tanpa trofi, namun orang-orang melupakan bahwa Arsenal pernah dibawa Wenger tak terkalahkan dalam satu musim. Invincible Record ini tidak terpecahkan sampai sekarang dan mungkin akan sangat sulit disamakan di masa depan. Wenger mempunyai kemampuan memoles pemain biasa menjadi pemain bagus, pemain bagus menjadi pemain kelas internasional, pemain kelas internasional menjadi pemain kelas dunia. Dan pemain-pemain Arsenal ini walaupun tujuh tahun tanpa trofi pernah begitu dekat dengan trofi. Hal ini yang dilupakan orang-orang. Final Liga Champions tahun 2006, memimpin puncak klasemen hingga bulan Maret di tahun 2008, dan bulan Februari di tahun 2011 sebelum akhirnya terjun bebas akibat cedera pemain di saat-saat penting. Arsenal pernah begitu dekat, namun gagal finish. Di lapangan hijau musim lalu Arsenal mampu mengalahkan Manchester City dan Chelsea, dua klub Sugar Daddy. Kekuatan finansial memang menentukan kekuatan skuad, namun pertandingan di lapangan hijau tetap 11 lawan 11. Asalkan tidak cedera bersamaan dan punya kekuatan pelapis yang cukup, Arsenal mampu mengimbangi tim manapun di lapangan hijau.

The Arsenal Way adalah soal hidup di atas kaki sendiri. Tidak bergantung pada Sugar Daddy, pada Pemerintah. We spend what we have. Pengeluaran selalu harus lebih kecil daripada pendapatan. Bukankah itu yang diajarkan orang tua kita dulu? Membesarkan anakmu sebagai seorang Gooner amat mudah, cukup ajarkan The Arsenal Way. Coba bayangkan sulitnya orang tua fans Chelsea membesarkan anaknya. Bagaimana ia bisa meyakinkan anaknya untuk hidup berhemat dan tidak boros sembari mengajarkannya The Chelsea Way: tidak apa-apa boros asalkan berprestasi.

Fans-fans klub Sugar Daddy tidak hidup dalam realita dunia. Mereka bangga ketika klubnya membayar mahal untuk pemain. Uang sejumlah £35 juta untuk Eden Hazard. Edan. Lebih gila lagi £25 juta untuk Oscar, pemain muda yang belum pernah main di Eropa. Semakin tinggi harga pemain yang harus dibayar, semakin bangga mereka. Sementara fans Arsenal yang pelan-pelan sudah terbiasa dengan The Arsenal Way bagaikan orgasme mendengarkan nilai transfer Santi Cazorla yang hanya sekitar £12-14 juta. Kita sudah terbiasa hidup hemat, dan bisa berhemat dalam belanja pemain itu sebuah kenikmatan. Seperti ibu-ibu yang berhasil menawar barang sesuai harga yang diinginkannya. Tapi itulah realita dunia. :)

Jadi jangan salahkan Arsenal yang gemar berhemat. Itu seperti Anda menyalahkan seorang pemuda dari keluarga sederhana yang belajar giat di kampus demi masa depannya. Sementara ada seorang pemuda malas dari keluarga kaya datang ke kampus tiap hari dengan Ferrari. Tentu ia menarik gadis-gadis yang cantik. Ia menjadi pujaan wanita. Namun tidak ada yang salah dengan pemuda sederhana itu. He lives by his own means. Dia hidup sesuai apa yang ia punya, dan lewat bekerja keras, suatu saat ia akan lebih baik daripada pemuda kaya (harta bapaknya) yang manja itu.

Perempuan yang cerdas akan memilih pemuda yang punya potensi di masa depan. Pemuda yang bisa sukses dan kaya dengan upayanya sendiri. Ia tidak akan memilih pemuda manja yang kaya dengan harta warisan bapaknya itu, sesuatu yang tidak bisa ia hasilkan sendiri. Seluruh pendapatan Arsenal dihasilkan sendiri, lewat upaya manajemen klub yang cerdik. Bukan uang hibah dari Sugar Daddy. Berprestasi dengan upaya dan modal sendiri, apa lagi yang mesti kita keluhkan?

Dengan memahami model finansial Arsenal di atas, yang merupakan model finansial rasional satu-satunya dan akan menjadi model seluruh klub sepakbola di Eropa setelah Fair Financial Play diterapkan UEFA, maka fans Arsenal patut berbangga. Walaupun minim trofi selama 7 tahun terakhir ini, Arsenal menjadi contoh bagaimana menjalankan klub secara benar dan bermasa depan cerah. Trofi hanyalah penanda sebuah prestasi, namun prestasi tidak melulu diwakili hanya oleh trofi. Selama 15 tahun berturut-turut Arsenal selalu masuk kompetisi Liga Champions, rekor yang hanya bisa disamakan Real Madrid, itu juga sebuah prestasi.

Dari dulu Arsenal adalah klub inovasi. Dari era Herbert Chapman hingga Arsene Wenger Arsenal selalu terdepan. Kita tidak perlu mengikuti jalan Sugar Daddy Club, tidak ada yang patut dibanggakan dengan trofi hasil membuang uang tak terbatas. Cara yang tidak inovatif. Apapun pencapaian klub tercinta kita musim ini, mari kita samakan suara dalam mendukung Arsenal:

Victoria Concordia Crescit.

Victory comes from harmony.

Suatu saat nanti, kita yakin Arsenal akan mendapatkan apa yang pantas didapatkan. We’re by far the greatest club the world has ever seen.


“I really like Arsenal. But you, yes, you. Do you really like Arsenal? Or just Arsenal with trophies?”

- Dennis Bergkamp -

Arsenal TILL I Die.

Victoria Concordia Crescit